Pages

Kamis, 10 Oktober 2013

Fotosintesis


Definisi : Proses  pembentukan senyawa organik (khususnya gula) dari karbondioksida dengan bantuan energi cahaya di dalam struktur klorofil.

Reaksi Sederhana : CO2  +  H2O -----> C6H12O6 + O

 

Organisme fotosintetik dikenal sebagai fotoautotrof (mampu membuat makanan sendiri). Fotosintesis pada tanaman, algae, dan Sianobakteri menggunakan karbondioksida dan air serta melepaskan oksigen sebagai bagian dari produk. Prosesnya diawali dengan penyerapan energi foton (cahaya) oleh protein-protein pada pusat reaksi fotosintetik yang dikenal sebagai klorofil. Oleh karena itu fotosintesis ini merupakan mekanisme konversi energi dari energi cahaya menjadi energi kimia. Protein klorofil pada tanaman terdapat di dalam organel yang dikenal sebagai kloroplas.

Fotosintesis terjadi dalam dua tahap: tahap pertama dikenal sebagai reaksi terang, pada tahap ini ada beberapa peristiwa penting yaitu aliran elektron siklik dan non siklik, fotofosforilasi dan fotolisis; tahap kedua dikenal sebagai reaksi gelap (siklus Calvin / Fiksasi Karbon). Untuk mendalami kedua tahap tersebut, maka perhatikan animasi-animasi berikut ini :





Setelah anda mengamati dan mempelajari animasi di atas maka, coba anda jelaskan kembali pada teman-teman anda mengenai definisi fotosintesis, reaksi sederhana fotosintesis, proses reaksi terang dan reaksi gelap, aliran elektron siklik dan non siklik, fotofosforilasi dan fotorespirasi.
Pada reaksi terang diketahui terjadi peristiwa fiksasi karbon, pada animasi-animasi di atas menjelaskan fiksasi  karbon tipe C3,. Fiksasi karbon kebanyakan tumbuhan bertipe C3, namun beberapa suku ada yang melakukan fiksasi bertipe C4. Tumbuhan dengan fiksasi karbon tipe C4 memiliki struktur anatomi yang khas pada daunnya, dikenal dengan anatomi kranzn. Sebagian suku lainnya  melakukan fiksasi karbon tipe CAM (Crassulacea Acid Metabolism), tipe ini pertama kali diketahui pada tumbuhan suku Crassulaceae. Untuk mengetahui mekanisme fikasasi karbon kedua tipe tersebut silahkan anda pelajari gambar-gambar dan animasi berikut ini.



TRANSPOR GULA PADA TUMBUHAN

Fotosintesis menghasilkan  senyawa gula, lalu bagaimana gula yang dihasilkan dapat di edarkan ke seluruh jaringan tumbuhan ? untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, silahkan perhatikan animasi di bawah ini dan catat hal-hal penting.

 

0 komentar:

Posting Komentar