Pages

Kamis, 10 Oktober 2013

Absorpsi Air dan Mineral

Absorpsi air dan mineral pada tumbuhan dapat terjadi di seluruh bagian organ baik pada akar, batang dan daun. Namun secara umum absorpsi terjadi melalui organ akar, khususnya pada bagian rambut akar.  Proses masuknya air dan mineral (nutrin) dari lingkungan ke dalam tumbuhan terjadi melalui mekanisme difusi osmosis serta melibatkan transport aktif maupun pasif. Adapun masuknya air dari lingkungan menuju sistem vaskuler  dapat melalui   3 jalur, ketiga jalur tersebut  yaitu jalur apoplas, simplas dan vakuolar atau transmembran. Jalur-jalur tersebut terlihat pada gambar berikut ini.


Sekarang coba amati video animasi berikut ini :



Air diabsorpsi bersama mineral dari akar menuju ke xylem, selanjutnya akan menuju ke seluruh bagian tumbuhan, termasuk ke bagian pucuk tumbuhan. Tinggi tumbuhan ada yang mencapai beberapa milimeter sampai beberapa centimeter, namum ada pula tumbuh-tumbuhan yang mencapai ketinggian hingga puluhan meter.



Faktor-faktor apa saja yang menjadikan sebab sampainya air ke bagian pucuk tumbuhan yang mencapai puluhan meter tersebut tanpa adanya "mesin pompa" ?
Faktor-faktor yang mendorong perpindahan air dari akar ke pucuk tumbuhan :
1. Root Pressure 
2. Capillary Action 
3. Transpiration

Root pressure (tekanan akar)

Movement of water from the root hair cells to the xylem vessels would create an upward force to push the water up the xylem vessels. This is known as root pressure. 



Capillary Action



Adanya daya adhesi antara dinding pembuluh dengan molekul air dan daya kohesi antara molekul air satu dengan molekul air lainnya akan menimbulkan daya kapilaritas.  Hal ini dapat mendorong air naik ke atas melalui pembuluh-pembuluh kapiler.



Transpiration



Pelepasan  air pada tanaman  ke lingkungan melalui stomata dikenal dengan transpirasi. Adanya pelepasan air ke lingkungan melalui stomata akan menimbulkan daya hisap air yang sangat signifikan, sehingga dapat menyebabkan air yang berada di bagian bawah akan terhisap dan tertarik ke atas. Faktor ini merupakan faktor utama penyebab naiknya air dari bagian akar ke bagian atas tumbuhan dan merupakan faktor utama yang mempengaruhi absorpsi air.


Untuk memahami transpirasi secara mendalam, mari kita perhatikan animasi berikut :

 


0 komentar:

Posting Komentar